Langsung ke konten utama

Dua Jenis Rujukan Persalinan BPJS Kesehatan

Ada sebuah pertanyaan menarik di group BPJS Kesehatan:
Bunda saya sedang hamil anak kembar saat ini UK 31minggu. seminggu yg lalu saya di rawat di RS karena sudah pembukaan 1 dan HB 6, transfusi darah sampai 4kantong. skrg bedrest total di rumah. Saya baru baca2 sedikit file di grup ini, sungguh sangat bermanfaat sekali.. saya sudah baca file mengenai RS yg menerima BPJS dan RS yg mempunyai fasilitas NICU.. yg mau saya tanyakan. saya pakai BPJS yg gratis. alur nya harus periksa ke puskesmas dulu, nanti di kasih rujukan ke RS tipe C/B baru di rujuk lg ke RS tipe A.. Dengan keadaan saya yg seperti ini saya harus antisipasi memilih RS yg punya NICU lengkap. yg terdekat dengan lokasi rumah adalah RS Harapan kita. yg saya takutkan adalah proses untuk mendapatkan rujukan itu. takut telat penangannya. sementara kalau saya langsung periksa ke RS. Harkit pasti di kenakan biaya sendiri. Bagaimana solusi nya yaa bunda.. saya takut sekali anak saya lahir prematur krn kehamilan sebelumnya jg prematur (30 minggu) dan hanya bertahan beberapa jam saja disebabkan tidak ada NICU yg available (semua penuh).

Tanggapan:

Ada dua jenis rujukan dalam layanan Obstetri seperti ini:

1. Rujukan tepat waktu: artinya dilakukan rujukan pada waktu yang tepat dalam proses persalinan, saat memang kondisi pasien (Ibu dan janin) memerlukan rujukan. Sudah ada instrumen untuk memonitor dan menentukan kewaspadaan maupun tindakan yang tepat termasuk untuk harus merujuk.

2. Rujukan Tepat Kasus: artinya memang ada kasus-kasus tertentu yang mengharuskan rujukan tanpa menunggu proses persalinan berlangsung. Untuk itulah ada instrumen untuk menilai Skor Kehamilan Berisiko.

Bila didapatkan kondisi seperti itu, pasien sudah dirujuk walau belum dalam persalinan. Selanjutnya Dokter yang di PPK 2 atau PPK 3 memberikan rekomendasi apakah nanti dalam persalinan dapat ditangani di PPK 1 (dan kemudian menggunakan prinsip rujukan tepat waktu bila diperlukan), ataukah merekomendasikan untuk harus dilakukan di PPK 2 atau PPK 3. Sesuai dengan rekomendasi itulah, PPK 1 akan menentukan tindakan. Bila sudah jelas direkomendasikan bahwa persalinan harus di PPK 2 atau PPK 3, maka sebelum masuk persalinan pun sudah dibuatkan rujukan agar sewaktu-waktu dapat langsung menuju ke tempat sesuai rekomendasi tersebut.


Maka dalam kasus ini, mintalah rekomendasi dari Dokter SpOG yang merawat tentang bagaimana proses persalinannya nanti. Selanjutnya sesuaikan dengan isi rekomendasi tersebut.

Apakah berarti boleh langsung ke PPK 2 atau PPK 3 (RS Tipe tertentu dengan fasiltias tertentu)? Bisa dan boleh. Sesuai isi rekomendasi. Selanjutnya, Dinkes setempat yang lebih berwenang melihat di RS mana kapasitas dan kemampuan layanan sesuai isi rekomendasi itu bisa dilaksanakan.

[Disadur dari komentar dr. Tonang DA dalam sebuah group BPJS Kesehatan]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Film Avatar 2 (2018) HD Full Movie Subtitle Indonesia

Free Download Film Avatar 2 (2018) HD Full Movie Subtitle Indonesia | Hallo sobat pecinta film barat anime, kali ini saya akan bagikan kepada kalian sebuah film yang berjudul Avatar 2 2018 yang dimana film ini sudah ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan masyarakat didunia. film ini sangat ramai di tonton trailernya di youtube dan bagaimanakah kelanjutan cerita dari film yag satu ini, Untuk itu mari kita download dan streaming film avatar 2 full movie sub indo ini sob. INFO FILM : Judul : Avatar 2 Genre : Action, Adventure, Fantasy Sutradara : James Cameron Produksi : TSG Entertainment, 20 Century Fox Film Corporation, Lightstorm Entertainment Distributor : 20 Century Foc Film Corporation Penulis Skenario : James Cameron Produser : James Cameron, Jon Landau, Peter M. Tobyansen Tanggal Rilis : 21 Desember 2018 Durasi : - Negara : USA Bahasa : English Pemain : Zoe Saldana, Sam Worthington, Sigourney Weaver, Stephen Lang SINOPSIS : Film ini akan be

Cara download yutube tanpa menggunakan aplikasi / softwere

Sambil nunggu jam perkuliahan dimulai, saya isi waktu istirahnya dengan posting  Cara download yutube tanpa menggunakan aplikasi / softwere hehe,.. Langsung saja simak caranya : 1.Buka yutube yang ingin di download. 2.Lalu copy url video tersebut dengan cara klik kanan pada video dan pilih " salin  URLvideo " 3.selanjutnya buka situs untuk download di sini 4.lalu paste URL video dalam kotak yang tersedia disitu dan tekan enter pada keyboard 5.selanjutnya anda pilih opsi yang diinginkan,. misal di download dengan format mp3,mp4,3gp dll,.. setelah    itu klik download,.  6. terakhir tunggulah download hingga selesai. Sekian dari saya, semoga bermanfaat,.

Download Kumpulan Lagu Ahmad Albar mp3 Lengkap

Download Kumpulan Lagu Ahmad Albar mp3 Lengkap - Lagunostalgia5 hello sobat semua ketemu lagi dengan okta pada kali ini okta akan membagikan sebuah lagu lawas kenangan yang sangat populer sekali di kalangan masyarakat Indonesia yang memiliki suara yang sangat bagus dan tren siapa lagi kalau bukan Ahmad Albar oke langsung download lagunya di bawah ini dengan gratis dan sebelum itu okta juga akan membagikan sebuah lagu yang tidak kalah lawasnya yaitu lagu campursari yang merupakan penyanyi yang bernama Nurhana yang bisa di kunjungi website ini. Jadi Ahmad Albar merupakan adalah penyanyi yang sangat populer sekali bahkan menurut okta penyanyi ini sangatlah luar biasa sekali banyak yang menyukai , dan sebelum itu Ahmad Albar ini penyanyi ini lahir di Surabaya pada tanggal 16 July 1946 dan berusia 70 tahun dan karier Ahmad Albar ini berkibar dan di mulai pada usia 11 tahun , Jadi Ahmad Albar merupakan penyanyi yang di lahirkan oleh pasangan Syech Albar dan Farida Al-Hasn dan kemudian berc