Langsung ke konten utama

Cara Menggunakan BPJS Untuk Periksa Hamil dan Persalinan

Banyak pertanyaan tentang tata cara menggunakan BPJS Kesehatan. Bagaimana menggunakan BPJS kesehatan untuk pemeriksaan kehamilan dan persalinan, serta pendaftaran bayi dalam kandungan atau bayi baru lahir?

BPJS Kesehatan betul bisa digunakan dimana diseluruh indonesia asal faskesnya bekerjasama dengan BPJS K saja tetapi hanya untuk kasus kegawatan menurut BPJS K. Simak: kriteria kegawatan menurut BPJS Kesehatan.

Bagaimana cara menggunakan BPJS Kesehatan jika tidak darurat?

Sistem pelayanan kesehatan di era JKN BPJS Kesehatan menggunakan sistem rujukan berjenjang. Ada layanan primer, sekunder dan tersier. Untuk pelayanan primer dilakukan di fasilitas kesehatan (faskes) Tk. 1, faskes tingkat 1 bisa berupa puskesmas, klinik, dokter keluarga dan jejaring bidan. Faskes Tk. 2 berupa RS Tipe D dan C, sedangkan faskes tingkat 3 berupa RS tipe B atau A.

Alur menggunakan BPJS Kesehatan

Faskes 1 (sesuai kartu) --> Faskes 2 --> Faskes 3 dengan catatan rujukkan ke faskes selanjutnya harus ada rujukkan dan faskes sebelumnya tidak sanggup menangani

Bagaimana cara kontrol dan melahirkan dengan menggunakan BPJS Kesehatan

a. Kontrol kehamilan
Kontrol kehamilan harus ke faskes 1 yang terdapat pada kartu BPJS Kesehatan peserta / bidan jejaring BPJS Kesehatan. dan jika terdapat penyulit/resiko tinggi maka dirujuk ke faskes selanjutnya.

b. Persalinan
Persalinan bukan case emergency (silahkan baca kembali link kriteria gawat darurat pada kebidanan dan kandungan). Persalinan dengan penyulit/resiko tinggi lah yang akan dirujuk ke faskes 2 atau faskes 3. Tapi persalinan tanpa penyulit/resiko tinggi maka ibu hamil harus bersalin di faskes 1 manapun yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan serta memiliki fasilitas bersalin/bidan jejaring.

Bagaimana jika rencana kontrol dan melahirkan diluar kota?

Melapor ke kantor BPJS Kesehatan di kota yang dituju dan surat berlaku hanya untuk 1 bulan. Atau pindah faskes 1 dengan membawa surat domisili, KK, KTP, Kartu BPJS Kesehatan.

Catatan untuk peserta status mandiri / PBI pusat (jamkesmas) pengurusannya harus ke kantor BPJS Kesehatan. sedangkan peserta BPJS Kesehatan status perusahaan bisa mengubahnya melalui HRD/Kepegawaian. dan minimal 3 bulan kepesertaan/kepindahan faskes 1 sebelumnya.

Persyaratan apa saja yang perlu dibawa untuk periksa hami dengan BPJS Kesehatan?

  1. Rujukkan / case kegawatan.
  2. Kartu BPJSK
  3. Kartu Keluarga
  4. KTP
  5. Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)
Contoh buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) untuk kontrol periksa hamil

Bagaimana cara mendaftarkan bayi dalam kandungan sebagai peserta BPJS Kesehatan?


  1. Peserta mandiri : karena harus menunggu masa aktif kartu 14+1 hari maka khusus calon bayi peserta mandiri dan perusahaan anak ke-4 bisa didaftarkan semenjak masih dalam kandungan.
  2. Peserta perusahaan (anak ke 1 s/d 3) dan PBI (penerima bantuan iuran) : kepesertaan status perusahaan dan PBI bisa didaftarkan setelah lahir dengan menyertakan KK, KTP orang tua, kartu BPJS Kesehatan orang tua bayi, dan surat keterangan kelahiran. Surat keterangan lahir hanya berlaku -+2 bulan sejak bayi dilahirkan.

Untuk update kepesertaan bayi (kedua opsi diatas) maksimal usia baby 3 bulan dengan membawa akta lahir bayi dan KK yang sudah diperbaharui.

Sumber :
  • Buku Pedoman BPJS Kesehatan
  • Perdir BPJSK no 32/2015 tentang pendaftaran peserta mandiri
  • Perpres no 111 tahun 2013 tentang Jaminan kesehatan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Film Avatar 2 (2018) HD Full Movie Subtitle Indonesia

Free Download Film Avatar 2 (2018) HD Full Movie Subtitle Indonesia | Hallo sobat pecinta film barat anime, kali ini saya akan bagikan kepada kalian sebuah film yang berjudul Avatar 2 2018 yang dimana film ini sudah ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan masyarakat didunia. film ini sangat ramai di tonton trailernya di youtube dan bagaimanakah kelanjutan cerita dari film yag satu ini, Untuk itu mari kita download dan streaming film avatar 2 full movie sub indo ini sob. INFO FILM : Judul : Avatar 2 Genre : Action, Adventure, Fantasy Sutradara : James Cameron Produksi : TSG Entertainment, 20 Century Fox Film Corporation, Lightstorm Entertainment Distributor : 20 Century Foc Film Corporation Penulis Skenario : James Cameron Produser : James Cameron, Jon Landau, Peter M. Tobyansen Tanggal Rilis : 21 Desember 2018 Durasi : - Negara : USA Bahasa : English Pemain : Zoe Saldana, Sam Worthington, Sigourney Weaver, Stephen Lang SINOPSIS : Film ini akan be

Cara download yutube tanpa menggunakan aplikasi / softwere

Sambil nunggu jam perkuliahan dimulai, saya isi waktu istirahnya dengan posting  Cara download yutube tanpa menggunakan aplikasi / softwere hehe,.. Langsung saja simak caranya : 1.Buka yutube yang ingin di download. 2.Lalu copy url video tersebut dengan cara klik kanan pada video dan pilih " salin  URLvideo " 3.selanjutnya buka situs untuk download di sini 4.lalu paste URL video dalam kotak yang tersedia disitu dan tekan enter pada keyboard 5.selanjutnya anda pilih opsi yang diinginkan,. misal di download dengan format mp3,mp4,3gp dll,.. setelah    itu klik download,.  6. terakhir tunggulah download hingga selesai. Sekian dari saya, semoga bermanfaat,.

Download Kumpulan Lagu Ahmad Albar mp3 Lengkap

Download Kumpulan Lagu Ahmad Albar mp3 Lengkap - Lagunostalgia5 hello sobat semua ketemu lagi dengan okta pada kali ini okta akan membagikan sebuah lagu lawas kenangan yang sangat populer sekali di kalangan masyarakat Indonesia yang memiliki suara yang sangat bagus dan tren siapa lagi kalau bukan Ahmad Albar oke langsung download lagunya di bawah ini dengan gratis dan sebelum itu okta juga akan membagikan sebuah lagu yang tidak kalah lawasnya yaitu lagu campursari yang merupakan penyanyi yang bernama Nurhana yang bisa di kunjungi website ini. Jadi Ahmad Albar merupakan adalah penyanyi yang sangat populer sekali bahkan menurut okta penyanyi ini sangatlah luar biasa sekali banyak yang menyukai , dan sebelum itu Ahmad Albar ini penyanyi ini lahir di Surabaya pada tanggal 16 July 1946 dan berusia 70 tahun dan karier Ahmad Albar ini berkibar dan di mulai pada usia 11 tahun , Jadi Ahmad Albar merupakan penyanyi yang di lahirkan oleh pasangan Syech Albar dan Farida Al-Hasn dan kemudian berc